Curug Cicakung dan Sengatan Daun Pulus

Cicakung merupakan nama tempat yang berada di Kampung Panyandaan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini berupa lahan atau ladang berair, berbentuk petak-petak berlumpur, tempat ditanamnya saladah. Tanaman ini biasanya biasanya digunakan sebagai lalapan atau bahan campuran gado-gado. Karena berlokasi di dataran rendah, sumber air yang melimpah di Cicakung ini berasal dari sumber-sumber mata air tanah yang dihasilkan dari kebun-kebun bambu dan pohon aren yang berpotensi menyimpan kandungan air.

20170629_143939

Curug Cicakung

Tahun 90-an, cadangan air di Cicakung sangat melimpah dengan debit airnya yang jernih menggelontor dari pipa-pipa yang terbuat dari batang bambu. Populasi burung kuntul / blekok pun sangat banyak, terbang melintasi langit sore di Cicakung. Kini populasi burung itu pun semakin berkurang, seiring tempat berkembang biak mereka sedikit demi sedikit mulai menipis. Hampir di setiap pematang petak-petak tersedia pancuran. Kini debit air dan mata air di Cicakung sudah mulai menyusut, seiring pembalakan dan penebangan pohon-pohon bambu yang menjadi sumber utama air Cicakung. Aliran air Cicakung kemudian membentuk sungai kecil yang bermuara ke Muara.

Jika berjalan menuju selatan, dengan menuruni lembah yang lumayan curam, melewati pinggiran-pinggiran bukit kecil, terhampar sebuah areal yang sama-sama di tanami daun saladah. Warga menyebutnya sebagai Muara. Pemandangan di bawah sana berupa tebing curam yang mengapit sebuah sungai yang berasal dari Curug Cimahi. Dan aliran sungai Cicakung itu jatuh ke Muara hingga terbentuklah curug, air terjun dengan ketinggian kira-kira 200 meter. Dari kejauhan curug itu terlihat indah dan sepi.

20170629_142934

Cicakung

***

Siang itu saya ke curug Cicakung demi menyegarkan ingatan pada masa kecil saya yang pernah saya habiskan di sana. Saya merasakan kucuran air curug ini semakin kecil saja. Padahal, debit airnya dulu begitu besar hingga mengeluarkan suara gemuruh. Saya sengaja ingin berlama-lama di sana, sebagai penawar rindu pada masa kecil sebagai anak kampung yang jarambah.

Usai berlama-lama di curug Cicakung, saya pun spontan ingin menelusuri aliran sungai Muara yang berhulu di Curug Cimahi. Saat itu juga saya melenjutkan perjalanan menuju Curug Cimahi melalui rute Muara dengan hanya mengikuti aliran sungai. Saya berjalan di pematang saladah. Awalnya perjalanan itu terasa lancar tanpa hambatan, hanya beberapa kali salah jalan akibat jalur yang terlewati tertutup semak dan arus sungai yang tidak mungkin dilompati. Jadi terpaksa harus memutar arah.

20170629_143721

Muara Cicakung

Hari menjelang sore saya tiba di ujung pematang kotak-kotak kebun saladah, dan mulai mendekati curug Cimahi. Namun saya harus menembus semak-semak pohon kecubung yang rapat dan gelap. Beberapa kali saya harus menyeberang sungai dan membabat pohon talas besar untuk membuat jalan karena sepertinya tidak ada jalur atau pun jalan setapak menuju ke curug Cimahi.

Hari semakin gelap sementara saya masih berputar-putar di tengah rimbunan pohon, ditingkahi suara monyet yang membuat saya sedikit panik. Malam mulai merambat, sampailah saya di lokasi Curug Cimahi. Namun setiba di sana, saya merasakan kaki dan tangan saya gatal-gatal dan panas. Saya mencoba menetralisirnya dengan membasuh kaki dan tangan saya dengan menggunakan air pancuran. Menurut bapak-bapak yang saya temui di curug, saya terkena sengatan daun pulus. Panas dan gatalnya sangat luar biasa, seperti terkena gigitan semut api atau sengatan lebah. Rasa panas dan gatal akibat sengatan bulu-bulu tipis daun pulus ini tidak menampakkan luka atau bentol seperti gatal pada umumnya, melainkan terasa di bagian dalam lapisan kulit. Semakin digaruk atau terkena siraman air, rasa panasnya semakin menjadi-jadi. Persis seperti disundut rokok! Proses penyembuhannya pun memakan waktu lama, paling sedikit seminggu baru bisa sembuh. Informasi seputar Daun Pulus si penyengat ini bisa di akses di https://kareumbi.wordpress.com/2009/03/28/info-spesies-pulus-si-daun-penyengat/

20170629_161137

Alat pengangkut karung

20170629_145549

Curug Cicakung

20170629_144901

20170629_174540

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saladah

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s